Pelatihan Jaringan Bibliometrik Menggunakan Aplikasi Vosviewer

LIBRARY.UPGRIS.AC.ID_ Kembali menimba ilmu, Rabu, 18 Oktober 2023 UPT Perpustakaan kembali lagi mengadakan pelatihan. Pelatihan vosViewer yang diikuti oleh semua pengelola perpustakaan. Vosviewer merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Nees Jan van Eck dan Ludo Waltman dari Leiden University’s.

Vosviewer adalah software yang digunakan untuk membangun dan memvisualisasikan jaringan bibliometrik yang mencakup jurnal, penelitian dan publikasi lainnya. Dengan aplikasi ini dapat diketahui kutipan, visualisasi bibliografi, dan hubungan antar tulisan secara bersama. Vosviewer  juga dapat berfungsi sebagai penambangan teks yang dapat digunakan untuk memvisualisasikan jaringan alur pemetaan literasi dari berbagai sumber.

Pelatihan vosviewer masih berhubungan dengan pelatihan mendeley yang sebelumnya sudah diadakan. “pelatihan ini nantinya juga dapat di aplikasikan kepada mahasiswa yang sedang membuat tugas akhir” kata Henny sumarsono kepala perpustakaan.

Pelatihan Jaringan Bibliometrik menggunakan Aplikasi Vosviewer dipandu dan sekaligus narasumber oleh Bapak Suwondo, M.Kom dari Universitas Diponegoro Semarang.