MENINGKATKAN LAYANAN UPT PERPUSTAKAAN PGRI SEMARANG MENGGUNAKAN EPRINTS

UPT Perpustakaan Universitas PGRI Semarang selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap pemustakanya. Maka untuk mendukung hal tersebut UPT Perpustakaan Universitas PGRI Semarang  pada bulan Desember 2023 lalu, baru saja mempunyai sarana penyimpanan dokumen baru secara digital yaitu EPrints. Kemudian mulai bulan Januari 2024 ini EPrints sudah dapat diakses oleh para civitas akademika di Universitas PGRI Semarang baik dosen maupun mahasiswa. Sebagai layanan Institutional Repository (IR), EPrints ini di dalamnya terdapat koleksi seperti skripsi dan tesis dari berbagai departemen yang ada pada Universitas PGRI Semarang. 

Untuk akses skripsi dan tesis di EPrints dapat dilihat dari tahun 2023 sedangkan tahun sebelumnya dapat dilihat melalui pada web e-library Perpustakaan Universitas PGRI Semarang. Hadirnya EPrints ini diharapkan dapat menjadi media komunikasi ilmiah di kalangan komunitas akademika Universitas PGRI Semarang guna membangun masyarakat berbasis teknologi informasi. 

Alasan UPT Perpustakaan UPGRIS mulai menggunakan EPrints dikarenakan sistem ini mempunyai beberapa fungsi yang dapat membantu dalam keberjalanan operasional. Diantaranya yaitu fungsi yang dimiliki oleh EPrints adalah tempat penyimpanan dan pemeliharaan aset digital yang memungkinkan pengguna untuk mengelola dan mempublikasikan karya ilmiah seperti jurnal, artikel, tesis, dan disertasi. Bahkan manfaat yang diberikan oleh EPrints juga sangatlah banyak yaitu memudahkan institusi pendidikan dalam menyimpan koleksi karya ilmiah dalam bentuk digital yang dapat diakses secara mudah dan diunduh secara gratis oleh mahasiswa maupun dosen. Oleh karena itu, dirasa fungsi dan manfaat yang diberikan oleh EPrints sangatlah berguna maka UPT Perpustakaan UPGRIS bersepakat untuk menyediakan layanan ini kepada para pemustaka yaitu civitas akademika baik dosen maupun mahasiswa. 

Selebihnya untuk mengetahui lebih jelas mengenai EPrints dapat mengunjungi link di bawah ini : 

LINK AKSES EPRINTS

 

Disusun oleh Tim Magang Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro 2024