Menegok Keindahan Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul

Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul berada tidak jauh dari Kota Semarang, tepatnya berada Di Desa Margosari, Kecamatan Limbangan, Kendal. Desa wisata dengan luas 12 hektar ini menyajikan suasana pedesaan tradisional Jawa Kuno yang terlihat dari banyaknya bangunan-bangunan berbentuk joglo.

 

Tidak usah khawatir akan biaya, sebab untuk masuk atau sekedar jalan jalan ke desa wisata Sekatul ini pengunjung tidak perlu membayar alias gratis. Namun jika ingin menggunakan fasilitas penunjang yang lain seperti gazebo, memesan makanan, bermain flying fox, berenang, dll barulah pengunjung dikenakan biaya. Adapun untuk waktu operasionalnya yaitu setiap dari dari pukul 09.00 sampai dengan 16.00 WIB. Waktu pagi dan sore merupakan waktu favorit yang sering dikunjungi oleh para pengunjung.

 

Namun semenjak pandemi, desa wisata ini sempat sepi pengunjung dikarenakan beberapa alasan seperti objek wisata yang tidak diimbangi sarana dan prasarana yang memadai, sarana jalan ke objek wisata yang sempit, curam, dan sulit dilintasi. Maka dari itu perlunya perbaikan ruas jalan serta partisipasi, kretivitas, dan kesadararan warga sekitar dan pemerintah akan pentingnya pengembangan desa wisata untuk untuk mendukung keberhasilan suatu objek wisata. Mari sama-sama kita dukung dan lestarikan cagar budaya yang sudah ada!