Museum Bubakan Tunggu Izin

Pembangunan museum Kota Lama (Bubakan) telah rampung. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang saat ini sedang mengajukan perizinan operasional ke provinsi. Kepala Dispudbar Kota Semarang Indriyasari mengatakan, masih butuh proses yang cukup panjang untuk menjadikan bangunan di tengah persimpangan Bubakan itu sebagai museum. “Izin sedang kami ajukan,” kata Iin, sapaan akrabnya.

          Sementara pengadaan sarana dan prasarana dilakukan bertahap. Untuk menghilangkan kesan kuno museum, pemkot akan menggunakan konsep modern. “Harapan kami, museum dengan menampilkan benda kuno saja, tapi kami gabung dengan teknologi,” jelasnya.

          Sentuhan teknologi akan digunakan untuk menyampaikan cerita Kota Semarang mulai dari zaman sejarah hingga kemajuan kota saat ini. “Pengunjung bias belajar sejarah sekaligus rekreasi,” tambahnya.

Pekerjaan lainnya adalah menyiapkan management lalu lintas. Seperti penataan parkir, akses jalan menuju museum dan lainnya. Disbudpar akan bersinergi dengan dinas lain.

            “Kita akan menggandeng pemilik lahan kosong di sebelah Jalan Mataram untuk tempat parkir. Selain itu, jalan dari Mataram ke Pattimura nanti kami tutup untuk dijadikan akses jalan ke museum. Tadi, ada beberapa usulan dari Komisi D ada tempat oleh-oleh. Itu bagus,” ucapnya.

            Sekretaris Komisi D DPRD Kota Semarang, Anang budi Utomo mengatakan, sudah ada anggaran perawatan museum sekitar Rp 3 miliar. “Tahun ini kami ingin masyarakat bisa menikmati museum ini.” Harapnya.    

            Pihaknya meminta Dispudbar segera menginventarisasi koleksi apa saja yang ada di museum. Tujuannya jika memang diperlukan anggaran tambahan bias dialokasikan ke perubahan. “Apa saja isinya, nah ini harus dilakukan inventarisasi dulu,” tambahnya.

            Selain itu, lanjut Politisi Partai Golkar ini, adanya kjadian banjir di Kawasan Bubakan, Kota Lama, juga jadi bahan evaluasi Dewan. “Penambahan pusat oleh-oleh pun bisa dilakukan agar perekonomian warga sekitar bias ikut terangkat,” imbuhnya. (den/zal)

Sumber: RADAR SEMARANG | RABU 10 MARET | TAHUN 2021 | HALAMAN 3