Pesona Stasiun Semarang Tawang yang Kaya akan Nilai Historis

Stasiun Semarang Tawang (SMT) merupakan stasiun kereta terbesar di Kota Semarang serta stasiun kereta terbesar kedua di Provinsi Jawa Tengah. Stasiun ini terletak di kawasan Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah. Stasiun Tawang berada di ketinggian +2 meter di atas permukaan laut. Stasiun utama di Kota Semarang ini memiliki tiga peron dan delapan jalur.

                  

Bangunan stasiun ini memiliki keindahan yang tecermin dari arsitektur Stasiun Semarang Tawang yang bergaya Eropa sehingga terlihat sangat elegan namun tetap klasik hingga kini. Gedung utama atau focal point dari stasiun ini adalah berupa hall dengan 4 pilar penyangga yang besar dan memiliki langit-langit tinggi.  Salah satu keunikan dari stasiun ini yang tidak dapat kamu temui di daerah lain yakni Stasiun Semarang Tawang memiliki melodi penyambutan kereta api berupa lagu instrumental berjudul "Gambang Semarang" karya Oey Yok Siang dan Sidik Pramono yang dimainkan dalam bentuk Langgam Keroncong kembali dipasang pada pertengahan Februari 2022 menandakan kedatangan kereta api. Daya tarik lain yang membuat lokasi ini layak untuk dikunjungi adalah adanya Monumen Lokomotif D 301 59 yang berlokasi di bagian Polder stasiun.

 

Berbicara mengenai fasilitas penunjang, fasilitas yang tersedia di stasiun ini cukup lengkap mencakup area parkir kendaraan, toilet, mushola, klinik kesehatan, minimarket, warung makan dan cafe, serta ruang tunggu dan istirahat yang nyaman. Selain karena bangunan stasiun yang memiliki nilai historis, stasiun ini juga dikelilingi oleh banyak lokasi ikonik yang ada di Semarang seperti Wisata Kota Lama, Wisata Lawang Sewu, Wisata Simpang Lima, Wisata Masjid Agung Jawa Tengah, Gereja Blenduk, dll. 

 

Stasiun Tawang buka setiap hari untuk melayani penumpangnya karena memiliki jadwal kereta stasiun Tawang Semarang yang relatif padat.  Stasiun ini memiliki jarak sekitar 5 kilometer dari pusat kota sehingga membuat lokasi stasiun ini mudah dicapai oleh para pengunjung dan penumpang. Kalau pergi ke Kota Semarang jangan lupa naik kereta agar dapat melihat keindahan Stasiun Semarang Tawang ya teman-teman!