Menikmati Keindahan Pantai Tirang Semarang

Pantai Tirang merupakan salah satu pantai yang terletak di ujung Semarang, tepatnya berada di Desa Tugurejo. Tempat ini menjadi salah satu destinasi liburan keluarga, dikarenakan tempatnya indah dan terletak tidak jauh dari pusat Kota Semarang. Pantai Tirang pada zaman dahulu merupakan sebuah pulau yang bernama Pulau Tirang. Pulau tersebut merupakan tempat studi bagi para peneliti asal Belanda dan Jepang yang ingin belajar tentang budidaya Bandeng dan tata kelola pohon bakau. Namun, karena adanya abrasi maka Pulau Tirang lambat laun terkikis sehingga hanya menyisakan garis pantainya saja.

 

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang dikenal dengan ombak yang tenang, karena itu wisatawan tidak perlu khawatir akan ombak karena ombaknya terbilang aman. Selain ombaknya yang tenang, ternyata Pantai Tirang mendapat julukan surganya para pemancing, karena banyaknya spesies ikan yang dapat dijumpai disini. Pantai Tirang tergolong dalam kategori pantai yang luas di Semarang, dengan luas 240,70 hektare pengunjung dapat dengan puas mengunjungi dan berkelling menyusuri Pantai Tirang.

 

Jika berkunjung ke Pantai Tirang, sempatkan untuk berfoto karena di Pantai Tirang terdapat banyak spot untuk berfoto, salah satu spot foto yang menjadi favorit bagi wisatawan adalah gazebo warna-warni. Untuk menyewa gazebo warna-warni sendiri, pengunjung harus membayar sebesar Rp 10.000 per gazebo. Jangan khawatir oleh biaya, karena tiket masuk Pantai Tirang ini terbilang murah yakni, Rp 5.000 per orang baik dewasa maupun anak-anak. Jika membawa kendaraan pribadi, pengunjung harus membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Pantai ini buka setiap harinya selama 24 jam, jadi jangan khawatir tutup ya. Ayo liburan!