Sikembang Park, Perintis dan Ikon Baru Wisata Batang

Batang, Wisata alam Sikembang Park berada di Jalan Raya Bandar-Batur Km 07 tepatnya Dukuh Kebaturan Desa Kembanglangit Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Keberadaannya adalah perintis wisata berbasis swadaya masyarakat di kecamatan Blado, atau bahkan di Kabupaten Batang.

Berjarak kurang lebih 25 km ke selatan dari alun-alun kota Batang, wisata ini terletak di kaki bukit jalur menuju Dieng serta berada di hutan pinus yang rimbun.  Wisata ini menyajikan kesejukan udara bagi yang menghirupnya, serta terapi mata bagi yang memandangnya. Bagi kalian yang sudah penat dengan suasana kota atau bahkan sudah jenuh dengan rutinitas pekerjaan yang monoton, silakan coba berwisata kesini, dijamin kalian akan merasakan suasana segar yang membuat rileks dan pastinya akan membuat mood anda menjadi baik.

Pada awal berdiri, yaitu November 2016 wisata ini belum memiliki fasilitas dan wahana selengkap sekarang. Hanya rumah pohon, papan tulisan lucu dan jembatan. Untuk tiket masuknya pun belum dikenakan, hanya membayar uang parkir kendaraan saja. Namun seiring berjalannya waktu wisata ini kini memiliki wahana dan fasilitas pendukung yang lengkap.

Bagi kalian yang suka mengabadikan momen traveling kalian pada media sosial, sikembang park memiliki wahana-wahana yang instagramable, sebagai contoh kalian bisa melihat di akun instagram resmi milik sikembang park yaitu @sikembangpark.

Selain spot foto yang iconik dan instagramable, wisata alam sikembang juga memiliki wahana bermain anak yang lengkap, terdapat pula wahana permaiann air dan kolam renang. Tempat ini sangat cocok untuk wisata keluarga atau bahkan bisa dijadikan untuk tempat outbound bagi anak-anak sekolah PAUD atau taman kanak-kanak.

Wisata alam Sikembang Park juga menyediakan Camping ground  untuk kalian yang ingin menikmati suasana berbeda, tempat ini juga menyediakan perlengkapan camping yang pastinya murah dan savety. Kalian juga bisa berkeliling dipagi hari dengan menggunakan mobil off-road yang tersedia di sini. Bayangkan malam hari camping, menyalakan api unggun, bermain gitar atau mendengarkan musik kemduian pagi hari menimati kesejukan sambil melihat sunrise, dilanjut keliling area wisata menggunakan mobil off-road. Sudah jangan baper atau halu silakan langsung saja datang dan kunjungi.

Teruntuk kalian yang merencanakan pernikahan dengan si-dia, wisata sikembang juga bisa digunakan utuk spot foto prewedding kalian lho, sudah banyak kawula muda yang menjadikan wisata alam Sikembang Park sebagai tempat untuk prewedding mereka. Jika kalian bingung, tidak tahu potografer alam yang bagus serta tempat penyewaan gaun dan seperangkatnya, tenang saja, kalian bisa langsung tanya kebagian informasi pasti akan dijawab sedetail-detainya oleh mereka.

Bonus buat kalian yang suka nongki-nongki dan ngaku sebagai anak senja, di wisata alam sikembang park ada cafe dan coffe shop yang good taste and good place namanya @pinuskopisikembang. Jangan tanya soal tempat dan rasa, pastinya tempatnya sangat cocok untuk berkumpul dengan teman, gebetan atau bahkan keluarga dan untuk rasa kopi dan makananya, dijamin deh kamu bakal berkunjung lagi dan mungkin bisa dijadikan tempat langganan untuk menikmati kopi khas sikembang, kopi khas batang dan kopi-kopi lain senusantara. Jangan lupa follow juga @exsplore_blado agar ketika kamu berkunjung ke tempat wisata ini makin hits dan bisa tanya-tanya seputar Sikembangpark.

 

Penulis: Asnita Andhika (Mahasiswi PPs Prodi MP Upgris)