Rekomendasi Buku Serial Supernova Karya Dee Lestari

Hai Hai Warga Universitas PGRI Semarang!

Mimin mau kasih rekomendasi buku yang seru buat kalian baca nih!

Kali ini mimin merekomendasikan serial buku yang ditulis oleh Dee Lestari. Iyaa, Dee Lestari, seorang penulis novel dan juga pencipta lagu.

Siapa yang gak tau lagu Firasat dan Malaikat Juga Tahu? Pasti kalian semua tau kan? Itu beberapa lagu yang diciptakan oleh Dee Lestari, lho. Mantap banget, kan!

Kalau lagunya aja ciamik buat didengarkan, novel karyanya juga pasti nggak kalah bagus dong untuk dibaca.

Nah serial ini bernama Supernova yang di dalamnya terdiri dari 6 (enam) buku. Setiap buku memiliki cerita masing-masing yang sangat menarik dan tidak gagal untuk membuat kita masuk dan ikut berpikir bersama cerita yang disajikan.

1. Kesatria , Putri, & Bintang Jatuh

 

Sinopsis :

Reuben dan Dimas, pasangan gay berjanji untuk membuat mahakarya pada hari jadi mereka ke-10. Novel fiksi yang dibalut dengan sains berjudul Kestaria, Putri, dan Bintang Jatuh. Bercerita tentang eksekutif muda bernama Ferre yang jatuh cinta dengan Rana seorang reporter yang sudah bersuami. Terjalinlah hubungan terlarang diantara mereka. Sementara itu, Diva merupakan peragawati papan atas menjalani kehidupan ganda. Melacur menjadi profesi sampingannya. Bagi Gio, Diva adalah mataharinya, cinta pertama dan cinta matinya. Di dunia maya, terdapat Supernova yang seakan menghubungkan kehidupan mereka yang terpisah melalui jaringan newsletter, membantu banyak orang dengan perspektifnya yang menyegarkan dan memenuhi dahaga akan pertanyaan yang membutuhkan jawaban. Hubungan Ferre sang Kestria dan Rana sang Putri berada di titik kritis. Akankan Bintang Jatuh akan mencul menjadi penyelemat atau malah menghancurkannya? Di sisi lain Dimas dan Reuben harus menghadapi kemungkinan bahwa mereka adalah bagian dari tulisan orang lain?

 

2. Akar

Sinopsis :

Seorang bayi ditemukan di bawah pohon oleh Guru Liong, dengan bentuk kepala yang aneh bayi itu dibesarkan di wihara dan dinamai Bodhi. Dengan kepekaan yang berbeda dengan orang lain, Bodhi merasa hidupnya tidak tenang. Demi mencari kesejatian Bodhi mulai bertualang seperti seorang backpacker. Pencariannya membuat Bodhi bertemu dengan Kell seorang seniman tato, Isthar perempuan super cantik, dan Epona si penjinak bom. Kembali ke Indonesia, Bodhi menemukan rumah baru di komunitas punk yang dipimpin oleh Bong. Suatu hari Bodhi menemukan surat di komputer warnet yang ditujukan untuk Akar, untuk Bodhi. Sementara itu, Gio harus menerima kabar buruk bahwa perempuan kecintaannya dinyatakan hilang. Diva hilang di belantara Rio Tambopata.

 

3. Petir

Sinopsis :

Elektra anak sebatang kara yang baru saja ditinggal ayahnya, dan ibunya sudah lama meningga, serta kakaknya, Watti, yang diboyong suaminya ke Tembagapura. Hidup sudah hampir sekarat, Elektra tiba-tiba menemukan dunia baru yaitu internet. Dibantu ibu Sati mencetuskan ide bisnis dan bantuan temannya Kewoy membuat Elektra berkenalan dengan Mpret hacker sekaligus entrepreneur andal. Demikianlah, rumah Elektra disulap menjad Elektra Pop. Kejadian Elektra menyetrum teman-temannya menjadi awal dari rangkaian kehidupan baru Elektra. Dibantu oleh Ibu Sati, Elektra mulai dapat mengendalikan kekuatannya dan membuka praktik penyembuhan. Di Jakarta, Dimas dan Reuben mendapat surel dari Gio yang mengabarkan hilangnya Diva. Alamat Dimas dan Reuben menjadi satu-satunya kontak yang ditinggalkan Diva.

 

4. Partikel

Sinopsis :

Di Batu Luhur, Zarah tidak disekolahkan, melainkan dididik sendiri oleh Firas, ayahnya yang merupakan dosen dan ahli mikologi. Firas seorang yang terobsesi dengan jamur melakukan banyak eksperimen yang menyibukkan dirinya di Bukit Jambul yang konon katanya memiliki kutukan. Firas mengamanatkan Zarah untuk melindungi Bukit Jambul, setelah itu Firas lenyap dengan meninggalkan jurnal-jurnalnya. Pada ulang tahunnya ke 17 Zarah mendapatkan kiriman kamera tanpa identitas. Berawal dari itu, Zarah memulai petualangannya sebagai fotografer dan bertemu dengan Simon Hardiman, sosok yang mengirimi Zarah kamera dan mengaku kenal dengan ayahnya. Sementara itu, di Bandung, Eletra bertemu dengan Bodhi, pertemuan yang merupakan awal petualangan baru.

 

5. Gelombang

Sinopsis :

Mimpi itu bagaikan pembunuh bagi Alfa. Kemunculan Si Jaga Portibi menghantuinya. Sesuatu sudah menunggu Alfa di alam mimpi. Jauh merntau ke Amerika sebagai imigran gelap, Alfa ingin mengubah nasib dan statusnya. Suatu malam, seseorang hadir dalam kehidupan Alfa, memicunya untuk menghadapi ketakutan. Ternyata mimpinya selama ini menyimpan rahasia besar. Sementara itu, Gio diarahkan ke pencarian baru. Petunjuknya adalah empat batu bersimbol, dengan Gio adalah representasi salah satu dari mereka. 

 

6. Inteligensi Embun Pagi

Sinopsis :

Petunjuk mengarahkan Gio untuk kembali ke Indonesia. Di Jakarta, menemui Dimas dan Reuben untuk mengungkap identitas Supernova. Di Bandung, pertemuan Bodhi dan Elektra membawa banyak arus informasi dari ingatan yang mereka lupakan, yaitu tempat bernama Asko dan tentang jati diri mereka selama ini yang tidak mereka ketahui. Sedangkan Zarah mulai kembali ke Batu Luhur menempati rumah lamanya dan kembali harus berhadapan dengan misteri hilangnya Firas, ayahnya. Sementara itu, Alfa mendapatkan informasi yang tidak terduga saat penerbangannya menuju Jakarta. Dari lokasi yang berbeda, hubungan mereka perlahan mulai terkuat. Pertanyaan yang selama ini mereka tanyakan kepada diri sendiri dan segala kejadian yang mereka alami. Identitas dan misi mereka akhirnya membuat hidup mereka tidak pernah lagi sama. 

 

Kalau kalian penasaran dengan serial Supernova in, Yuk datang ke Perpustakaan Upgris.

Untuk lebih lengkapnya, bisa cek postingan Instagram di bawah ini ya!

https://www.instagram.com/p/CgyE399Jf7O/?utm_source=ig_web_copy_link