Menulis Ajang Kreativitas Mahasiswa dalam Menggalakkan Budaya Literasi

DALAM rangka meningkatkan kreativitas mahasiswa dan menggalakkan budaya literasi, baru-baru ini, Rabu (11/03/20), Perpustakaan Universitas PGRI Semarang menyelenggarakan Lomba Resensi Film dan Poster dengan tema “Cinta Perpustakaan”. Lomba resensi dan poster yang dilaksanakan di gedung perpustakaan lantai 5 ini merupakan kegiatan rutin yang di selenggarakan Perpustakaan Universitas PGRI Semarang setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk mewadahi dan mengaplikasikan bakat-bakat yang dimiliki oleh mahasiswa dalam menulis dan mendesign gambar.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor I, Ibu Dr. Sri Suciati, M.Hum memberikan semangat baru khususnya bagi para peserta lomba. Dalam sambutannya beliau mengatakan “bahwa menulis akan sangat berguna dan bermanfaat tidak hanya di dunia kampus, tetapi di dalam dunia kerja”. Kegiatan ini sangat mendukung sekali untuk mengairahkan budaya menulis dan sekaligus mengetahui kemampuan mahasiswa dalam hal menulis, karena dinilai langsung dihadapan tim dewan juri.

Hal tersebut juga dikatakan oleh ketua panitia lomba Bapak Khafidlin,S.Hum.,MA “kegiatan ini sangat positif, selain untuk mengasah kemampuan menulis juga untuk mengalakkan literasi di kalangan civitas akademika”. Dalam lomba kali ini di ikuti oleh 12 finalis peserta resensi film dan 23 design poster, dan keluar sebagai pemenang Lomba Resensi Film Juara I  diraih oleh Sdr. Imam Abil Fida prodi PBSI. Juara II diraih oleh Sdri. Eka Nunik Suharjanti prodi Biologi, dan juara III diraih oleh Sdri. Ikke Wulandari prodi Fisika.

Sedangkan untuk pemenang Lomba Mendesign Poster Juara I diraih oleh Sdr. Panji Aji Kuncoro prodi PPKn, Juara II diraih oleh Sdr. Syahru Romadhon, dan Juara III diraih oleh Sdr. Arsha Raulnadi Trikusuma prodi Informatika. Harapan ke depan bahwa kegiatan semacam ini bisa terus dilanjutkan, dan memberi ruang baru perpustakaan, bahwa perpustakaan tidak hanya dijadikan ruang belajar, tetapi sebagai makerspace for education untuk kegiatan lainnya.

 

Reportase : Yudhika MP